Jumat, 30 Oktober 2015

PERENG KHANDAK DAN FATHU MEKAH



C.PERANG KHANDAQ
                Kaum musyrikin Quraisy yang dikirim kemadinah sebanyak 10 ribu dengan perencian 4.000 orang tentara Quraisy 6.000 0rang kabilah Gathafan.
1.       Persiapan Kaum Muslimin
Seorang susuk muda tampil dengan usulan membuat khandaq(parit) disekiling kota madinah untuk menghalau musuh,dialah Salman al-Farisi.Strategi itu sama sekali belum dikenal dikalangan bangsa Arab.Nabi saw.tidak mempermasalahkan sehingga disetujui untuk membuat parit disekeliling Kota Madinah.
2.       Berlangsungnya Perabg Khandaq
Pada tahun ke-5 Hijriah.Pasukan Quraisy tidak menyangka dengan sistem pertahanan yang disiapkan kaum muslimin dengan mengandalkan parit atau khandaq.
                Pasukan gabungan kafir itu tidak mampu menyentuh pasukan kaum Muslimin seperti peperangan sebelumnya.Yaitu beradu fisik secara langsung.Mereka pun tidak mampu melewati farit.
3.       Akhir Perang Khandaq
Pasukan gabungan kaum kafir itu putus asa dan memutuskan untuk kembali kenegerinya masing masing.Mereka memutuskan.

D.Fathu Mekah.
                Mereka akan masuk Islam setelah Nabi Muhammad saw.yang berperang dengan kaumnya sendiri.Jika dia menang,berarti memang dirinya seorang nabi dan sekaligus kebanggaan bagi mereka bangsa arab dari umat yang lain.Sebaliknya,jika dia kalah,berarti mereka telah selamat dari kedustaannya.
1.       Keinginan Kembali ke Mekah
Para muhajirin rasanya tidak akan pernah dapat melupakan Kota Mekah sebagai tanah tumpah darahnya.Rasa rindu pada kampung halaman membuat mereka segera ingin menguasai Mekah.Begitu pun dengan Nabi Muhammad saw.beliau sangat berharap dapat menguasai Kota Mekah dan membebaskannya dari berbagai kesyirikan.Ada dua faktor yang menyebabkan beliyau ingin menguasai Kota Mekah,Mekah sebagai pusat keagamaan bangsa arab dan merupakan cikal bakal islam dikenal didunia luar.Kedua,jika kaum beliyau sendiri(Quraisy) dapat diIslamkan,Islam akan lebih mendapat dukungan yang kuat karena orang orang Quraisy memiliki kekuasaan dan pengaruh yang besar.
2.       SEBAB TERJADINYA FATHU MEKAH.
Pada tahun ke-6 Hijriah pelaksanaan ibadah haji rombongan kaum muslimin berjumlah 1.000 orang berangkat menuju Mekah untuk berhaji dan berumrah.Akhirnya diadakanlah perjanjian Hudaibiyah.Diantara isi perjanjian itu adalah
A.      Kaum muslimin belum diperbolehkan mengunjungi Ka’bah untuk tahun ini dan baru diperbolehkan tahun depan
B.      Lama kunjungan hanya diperbolehkan selama tiga hari
C.      Kaum muslimin wajib mengembalikan orang orang Mekah yang melarikan diri keMadinahsebaliknya orang orang Mekah tidak harus mengembalikan orang orang Madinah yang akan kembali kemadinah
D.      Selama 10 tahun dilakukan genjatan senjata antara masyarakat Mekah dan Madinah
E.       Setiap kabilah dibebaskan untuk bersuku dengan siapapun,baik dengan Nabi Muhammad saw.maupun dengan Quraisy.
Abu Sufyan berangkat keMadinah untuk memohon maaf kepada Nabi Muhammad saw.dan memperbaiki pedamaian.Namun,dia tidak berani langsung menemui Nabi saw.Dia meminta Abu Bakar r.a,Ali r.a.,dan fatimah r.a.untuk menjadi duta atau perantara dirinya dengan Nabi saw.Namun ,harapannya tidak terkabul karena semuannya menolak.Sikap para sahabat mulia ini menunjukkan bahwa tidak ada wala’(loyalitas) dan syafaat bagi orang-orang kafir.
3.       Nabi muhammad saw.Menyiapkan pasukan
Dengan membawa pasukan sebanyak 10.000 personel,Nabi saw.berangkat keMekah,dari Muhajirin dan Anshar serta kabilah kabilah yang tinggal didekat Madinah semua berangkat.
                Pada bulan ramadhan tahun 8 Hijriah,Nabi bersama kaum muslimin berangkat menuju keMekah

4.       Penaklukan Kota Mekah
Sebelum Nabi saw.dan pasukan muslimin tiba diMekah.beberapa tokoh Quraisy bertemu beliyau untuk masuk islam.Diantaranya Abu Sufyan bin Haris,Abdullah bin Abi Umayah,dan Abbas.Meskipun Abbas r.a.sudah masuk Islam terlebih dahulu,tetapi dia tinggal diMekah.Dia menyebunyikan keislaman nya karena maslahat dakwah dan menjadi mata mata bagi nabi saw.terhadap Quraisy diMekah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar